Latar Belakang

“Orandum est ut sit mens sana in corpore sano”
Apa yang seharusnya diminta ialah jiwa yang sehat berada dalam badan yang sehat
– Iuvenalis (140SM) –

Semboyan tersebut diatas merupakan bagian penting dari kesegaran pikiran atau jiwa, keseimbangan aktifitas fisik dan psikologi. Nilai-nilai luhur olahraga berkaitan erat dengan nilai-nilai karakter bangsa. Resolusi PBB nomor 58/5 (2005) menyatakan bahwa sport as a means promote Education, Health, Development and Peace. Begitu pula dengan yang disampaikan founding father Ir. Soekarno yang mengamanatkan bahwa dedication of life para olahragawan dan pembina olahraga dalam melaksanakan amanat penderitaan rakyat sesuai dengan kerangka segi cita-cita bangsa yang termasuk ke dalam nation and character building Indonesia.
Olahraga merupakan pilar penting dalam membangun karakter bangsa. Karakter akan lebih mudah dan berhasil dilakukan melalui berbagai bentuk kegiatan yang apabila dilakukan hingga pada akhirnya menjadi sebuah kebiasaan. Penanaman disiplin, jujur, tanggung jawab, dan kerjasama lebih mudah dilakukan dan dibentuk dalam aktifitas olahraga.
Karakter dikembangkan melalui empat pilar, olah pikir berupa cerdas, kritis, kreatif, inovatif, ingin tahu, berpikir terbuka, produktif, berorientasi ipteks, dan reflektif dapat diperoleh dengan baca tulis maupun berhitung (read, write and arytmatics). Olah hati, berupa jujur, beriman dan bertakwa, amanah, adil, bertanggung jawab, berempati, berani mengambil resiko, pantang menyerah, rela berkorban, dan berjiwa patriotik. Olah rasa/karsa, berupa peduli, ramah, santun, saling menghargai, gotong royong, nasionalis, dinamis. Olahraga, berupa tangguh, sehat, disiplin, sportif, andal, berdaya tahan, bersahabat, kooperatif, kompetitif, ceria dan gigih.
Rumpun keolahragaan mencakup pendidikan olahraga, kepelatihan olahraga, olahraga rekreasi, dan ilmu keolahragaan berperan penting dalam mengembangkan karakter sehingga dibutuhkan sebuah konsepsi integrasi keilmuan agar dapat terciptanya karakter budaya olahraga nasional.

Tema Seminar Nasional Keolahragaan 2018 “Integrasi Keolahragaan dalam Membangun Karakter Budaya Olahraga Nasional


Keynote  Speakers


Invited Speakers


Important Dates
Batas Akhir Pemasukan Abstrak : 7 September 2018
Pengumuman Penerimaan Abstrak : 21 September 2018
Batas Akhir Registrasi dan Pembayaran : 28 September 2018
Batas Akhir Pemasukan Full Paper : 22 Oktober 2018
Pengumuman Penerimaan Full Paper : 29 Oktober 2018